How Is It I'm (going) in Polban Part 1


Hasil gambar untuk logo polban
SOOOOOO,, Seperti judulnya, aku disini bakal cerita tentang pengalaman selama 1,5 tahun di polban dan tentang pengalaman aku masuk polban. Sebenernya ini long overdue banget, cumankarna kemalesan dan laprak ya... jadi baru sekarang. Yogs caw cerita aja.
First of all aku mau bilang bahwa aku awalnya ngga terlalu tau tentang polban, ngga pernah tau lokasinya dimana dan ngga pernah tau jurusannya apa aja. Satu satunya hal yang ngebuat aku lebih tau tentang polban adalah karena aku lagi cari univ atau politeknik yang ada jurusan teknik kimianya, and surprise Polban is one of them. So dari situlah aku mengenal polban (PADAHAL POLBAN ITU DEKET RUMAH AKU), nah itu posisinya aku awal semester 2 kelas 12, dan aku memutuskan bahwa polban bakal jadi target aku setelah ITB.
Okeeeey and then proses aku masuk polban berawal dari PMDK POLITEKNIK and I should tell you that prosesnya itu memusingkan karna timeline info dari Polban itu ngga sama sama yang aktual kita dapet, jadi kaya buat kita takut bahwa kita udah kelewat daftar atau bahkan kita ngga kedaftar. Jafi untuk kalian yang masih kelas 12 dan nunggu kabar PMDL Polban, kalian hanya harus bersabar. Oh iya kalau ngga salaah nih yah PMDK PN tuh tergantung politekniknya, ngga kaya SBMPTN. Satu lagi, selain waktu pendaftarannya yang amburadul dan memusingkan persyaratannya juga buanyak, jadi buat kalian yang mau daftar mohon bersabar ya, karena setelah masuk Polban pun akan tetep kaya gituu, banyak kerancuan tanggal. Untuk tanggal dan detail pendaftarannya nanti aku share disini di pos yang berbeda. Di PMDK PN ini aku milih Teknik kimia produksi bersih dan teknik kimia.
Hasilnya diumumin pas aku lagi wisuda, dan ternyata aku ngga diterima padahal HELLOW aku  juara umum di sekolah selama 3 tahun berturut turut(not to brag but yeah), nah disini bisa diliat guys bahwa reputasi sekolah itu ngaruh, apalagi kalau kamu daftar di jurusan yang banyak peminatnya (kaya teknik kimia), seberapapun tingginya ranking dan nilai kamu, kalau sekolah kamu ngga banyak lulusan dan mahasiswanya disana, ngga akan dianggap nilai kamu itu. Jadinya semua berkas dan persyaratan hangus sudaaah, dan akhirnya aku harus melalui jalan SMB (Seleksi Masuk Bersama) nah untuk politeknik itu ngga ada yang serempak kaya SBMPTN, jadi masing masing juga, daaaan polban itu pendaftarannya itu akhiiiiiir banget, biasanya juli, ngga kaya politeknik lain yang jarak smbnya itu 2-3 minggu setelah pengumuman PMDK. Oh iya untuk pengumuman hasil PMDK setau aku serempak daaaan, ada pengumuman lulus cadangan gitu, tapi seinget aku cuman buat yang pake bidikmisi
Lanjut ke perjalanan selanjutnya SMB, nah smb polban itu bayarnya 150rb-an kalau untuk taun 2017 dan 2018, pendaftarannya itu di smb.polban.ic.id. Nah dengan bayar segitu kalian itu bisa daftar dua prodi teknik atau dua prodi non teknik, ngga bisa dicampur ya (Yang bisa dicampur cuman es doger polban). Jadiii kalau kalian mau daftar teknik dan non-teknik harus bayar 300rb-an daaaan ditambah lagi kalau kalian mau daftar dengan jurusan informatika ada biaya tambahan lagi (lupa berapa, kalau ngga salah 120rb) karna ada tes lagi gitu. Ujiannya itu dibagi 2 sesi kaya SBMPTN, untuk teknik pagi sama non teknik siang, untuk materinya itu cuman ada matematika, bahasa inggris, fisika, kimia sama bahasa indonesia.
Nah untuk cara belajar SMB, ngga ada trik khusus kok. Aku cuman belajar dari soal soal SMB tahun sebelumnya, cari aja di internet ada kok (tinggl search : 'soal soal SMB Polban'), selain itu juga dari polban tiap taunnya ngadain vokasi fair (id ig : @vokasifair ), nah disitu tuh ada kaya pengenalan tentang vokasi atau pendidikan diploma dan ada try outnya serta nanti dikasih juga jawabannya. Nah yang jadi masalah itu buat aku itu kan kita harus banyak banyak latihan soal biar kebiasa sama tipe soalnya dan lancar ngerjainnya, tapiii kan try out out tuh cuman 1 soalnya, daan soal di internet itu ngga ada jawabannya, jadinya buat aku bete kalau ngerjain karna ngga tau bener atau salahnya. Nah solusinya adalah kalian nyocokin jawaban, inget loh yah nyocokin jawaban, bukan ngerjain bareng. Eits bukan maksudnya ngerjain bareng itu jelek, tapi kalau menurut aku pribadi lebih baik kalian analisis dulu soalnya, mana yang kalian ngga ngerti nah pelajari dulu bareng bareng terus kerjain masing masing. Karna ngerjain bareng itu menurut aku ngga efektif dan makan terlalu banyak waktu dan ngga ngasah otak kalian, kan nanti juga ngerjain soal masing masing. Gitu deh akhirnya dapet temen buat nyocokin nilai, oh iya pas taun aku juga aku beruntung dimasukin ke grup orang orang yang mau masuk polban gituu, jadi semoga taun kalian juga ada, karena itu ngebantu banget.
Kayaknya segitu dulu, bakal dilanjut part 2 tentang pengalaman aku selama di Polban di prodi Teknik Kimia Produksi Bersih, bye.

Link Soal SMB 
https://ainamulyana.blogspot.com/2018/11/soal-umpn-dan-soal-smb-polban-2018-2017.html
http://a2anggi.blogspot.com/2018/05/soal-smb-polban-terbaru.html
http://alfarisiku.blogspot.com/2017/08/download-soal-smb-polban-tahun-2017.html

For your convenient



Komentar